EVOLUSI : Jurnal Sains dan Manajemen
Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Evolusi 2021

SISTEM INFORMASI KELUHAN PELANGGAN BERBASIS WEBSITE

Sally Nurlita Zaman (Unknown)
Nita Merlina (STMIK Nusa Mandiri)
Nurajijah Nurajijah (STMIK Nusa Mandiri)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2021

Abstract

Layanan terhadap pelanggan merupakan aspek penting dalam keberlangsungan suatu perusahaan. Untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan dibutuhkan loyalitas pada implementasi pelayanan agar tercipta kesan yang baik untuk perusahaan. Persaingan bisnis yang semakin ketat menuntut perusahaan untuk selalu memberikan perbaikan-perbaikan dalam setiap aspek. Mengabaikan komplain tidak hanya menyia-nyiakan kesempatan emas, tapi juga dapat menjadi ancaman bagi perusahaan. Maka dapat disadari bahwa komplain pelanggan adalah suatu hal yang harus diperhatikan, begitu juga bagaimana kita menanggapi komplain pelanggan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem informasi keluhan pelanggan dengan menerapkan pelayanan yang sistematis, terintegrasi, serta terukur. Sistem penanganan keluhan pelanggan mengimplementasikan metode pengembangan sekuensial linier (waterfall). Tahap yang dilakukan yaitu analisis kebutuhan sistem, desain, pengkodean dan uji sistem. Sistem yang dihasilkan dapat memudahkan pelanggan dalam menyampaikan keluhannya terhadap kendala yang terjadi dan membantu perusahaan dalam menanggapi keluhan secara sistematis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

evolusi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

The aim of this journal is to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the fields of science, management and informatics in all settings. The scope of this journal encompasses the applications of the development of science, computer science, ...