Jalan Pemuda adalah sistem jaringan jalan sekunder yang menghubungkan antarpusat pelayanan dalam Kota, yang merupakan daerah pusat kegiatan/perbelanjaan (CBD). Jalan Pemuda menjadi jalan yang masih sering terjadi hambatan lalu lintas karena parkir. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan kebutuhan parkir dan model regresi parkir pada Jalan Pemuda. Metodelogi yang digunakan adalah mengumpulkan data lapangan, yang dilakukan dengan survei plat nomor kendaraan, survei inventarisasi, dan wawancara. Data sampel ditentukan dengan rumus Slovin, kemudian dilakukan pengolahan data dengan analisis regresi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa akumulasi tertinggi terjadi pada hari Minggu yaitu pukul 11.50 - 12.00 yaitu 536 kendaraan, indeks parkir tertinggi yaitu 109%. Dengan volume kapasitas parkir 1186 kendaraan, turn over tertinggi yaitu 2,52 kend/jam/ruang, durasi parkir tertinggi yatu 0,8 jam. Berdasarkan hasil menunjukkan kapasitas parkir berpotensi mengalami kemacetan pada jalur tersebut pada pukul 10.50 – 12.00. Hasil bentuk regresi untuk kebutuhan ruang parkir kendaraan motor mendapatakan nilai regresi Y=0,11 + (-0,028).X1 + 0,970.X2, dan hasil regresi untuk kebutuhan ruang parkir kendaraan mobil mendapatkan nilai regresi Y=(-0,01) + 0,171.X1 + 0,967.X2.
Copyrights © 2019