Journal of Vocational Education and Automotive Technology
Vol 1 No 2 (2019): Journal of Vocational Education and Automotive Technology

IMPLEMENTASI TGT UNTUK MOTIVASI BELAJAR PEMELIHARAAN KELISTRIKAN STARTER KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH GUBUG

Edi Suprapto (Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang)
Joko Suwignyo (Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang)
Herry Sulendro Mangiri (Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan dalam memahami sistem starter siswa melalui implementasi pembelajaran Kooperatif model Teams Games Tournaments (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Analisis ini dilakukan dengan cara mengolah skor motivasi belajar kompetensi memahami sistem starter yang dilakukan dengan tahap: 1) mengolah skor berdasarkan lembar observasi, 2) mengolah skor berdasarkan angket, 3) Menganalisis skor rata-rata berdasarkan lembar observasi dan angket, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Skor moivasi belajar kompetensi memahami sistem starter berdasarkan observasi meningkat sebesar 17,94% dari skor siklus I sebesar 70,45% menjadi 88,39% pada siklus II, sedangkan berdasarkan angket meningkat sebesar 3,98% dari skor siklus I sebesar 79,59% menjadi 83,57% pada siklus II. Seluruh aspek motivasi belajar yang diukur mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan persentase skor peningkatan antara 5,45% sampai dengan 28,97% (observasi) dan antara 1,52% sampai dengan 9,99% (angket). Kata Kunci: Implementasi TGT, Motivasi Belajar, Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

joveat

Publisher

Subject

Engineering

Description

This journal aims to publish the results of research studies, scientific studies, and studies on vocational education in automotive technology conducted by researchers, teachers, lecturers, practitioners in the field of vocational education, and automotive ...