cover
Contact Name
-
Contact Email
joveat.ivet@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
joveat.ivet@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pawiyatan Luhur IV Nomor 17 Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Journal of Vocational Education and Automotive Technology
Published by Universitas IVET
ISSN : 27155765     EISSN : 27159922     DOI : -
Core Subject : Engineering,
This journal aims to publish the results of research studies, scientific studies, and studies on vocational education in automotive technology conducted by researchers, teachers, lecturers, practitioners in the field of vocational education, and automotive engineering.
Articles 171 Documents
PENGARUH SARANA PEMBELAJARAN PRAKTIK DAN HASIL PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA Fahmi Rizky Ferdiansyah; Aunu Rofiq Djaelani; Nuraedhi Apriyanto
Journal of Vocational Education and Automotive Technology Vol 1 No 2 (2019): Journal of Vocational Education and Automotive Technology
Publisher : Ivet University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengkaji sarana pembelajaran praktik siswa kelas XII TBSM SMK N 1 Purwojati, 2) Untuk mengkaji hasil praktik kerja industri siswa kelas XII TBSM SMK N 1 Purwojati, 3) Untuk mengkaji kesiapan kerja siswa kelas XII TBSM SMK N 1 Purwojati, 4) Untuk mengkaji pengaruh sarana pembelajaran praktik terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII TBSM SMK N 1 Purwojati, 5) Untuk mengkaji pengaruh hasil praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII TBSM SMK N 1 Purwojati, 6) Untuk mengkaji pengaruh sarana pembelajaran praktik dan hasil praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII TBSM SMK N 1 Purwojati. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan ex post facto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode angket. Populasi penelitian sebanyak 106, berdasarkan diagram rumus slovin didapat jumlah sampel 85. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan 1) nilai hasil uji hipotesis variabel sarana pembelajaran praktik terhadap kesiapan kerja dengan nilai t 3,145. lebih besar 1,663 sehingga Ha diterima, 2) variabel hasil praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja dengan nilai t sebesar 3,810 lebih besar dari 1,663 sehingga Ha diterima. 3) Ada pengaruh positif antara sarana pembelajaran praktik dan hasil praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII TBSM SMK N 1 Purwojati dengan hasil sebesar 20% ditunjukkan dari nilai uji koefisien determinasi pada ajusted R2 sebesar 0,200. Kata Kunci : Sarana Pembelajaran Praktik, Praktik Kerja Industri, Kesiapan Kerja.
PENGARUH PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA Slamet Prasetyo Sembodo; Yohanes Sarsetyono; Nuraedhi Apriyanto
Journal of Vocational Education and Automotive Technology Vol 1 No 3 (2019): Journal of Vocational Education and Automotive Technology
Publisher : Ivet University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menguji adanya pengaruh Praktek Kerja Industri terhadap Minat Berwirausaha siswa kelas XII TKR di SMK N 1 Kemusu. 2) Untuk menguji adanya pengaruh Motivasi Belajar terhadap Minat Berwirausaha siswa kelas XII TKR di SMK N 1 Kemusu. 3) Untuk menguji adanya pengaruh Praktek Kerja Industri dan Motivasi Belajar terhadap Minat Berwirausaha siswa kelas XII TKR di SMK N 1 Kemusu. 4) Untuk menggambarkan seberapa besar pengaruh Praktek Kerja Industri dan Motivasi Belajar terhadap Minat Berwirausaha siswa kelas XII TKR di SMK N 1 Kemusu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang bersifat ex post facto. Sampel menggunakan jumlah populasi yang diteliti sebanyak 97 responden. Variabel terdiri dari 2 variabel bebas dan 1 variabel terikat. Data diperoleh menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Untuk diuji analisis datanya menggunakan bantuan program SPSS for windows versi 23.0. Penelitian menunjukan variabel Praktek Kerja Industri dari 97 responden, 70 responden menunjukan hasil yang baik sebesar 71,6%, variabel Motivasi belajar dari 97 reponden, 63 menunjukan hasil yang baik sebesar 63,9%, variabel Minat Berwirausaha dari 97 responden 63 menunjukan hasil yang baik sebesar 63,9%. (Uji F) dengan uji regresi berganda menunjukan bahwa Fhitung 553,897 > Ftabel 3,09 dan nilai signifikasi F sebesar 0,000 < 0,01. Menunjukan bahwa variabel Praktek Kerja Industri dan variabel Motivasi belajar memiliki pengaruh yang positif dan siginifikan terhadap Variabel Minat Berwirausaha. Dan secara simultan memberi pengaruh sebesar pengaruh 90% dari adjusted r square sebesar 0,900 Kata Kunci : Praktek Kerja Industri, Motivasi Belajar, Minat Berwirausaha
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DIKOMBINASIKAN MODEL TAKE AND GIVE PENINGKATAN HASIL BELAJAR Dimas Dwi Prasetyo; Aunu Rofiq Djaelani; Toni Setiawan
Journal of Vocational Education and Automotive Technology Vol 2 No 1 (2020): Journal of Vocational Education and Automotive Technology
Publisher : Ivet University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dikombinasikan dengan model Take and Give. Pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi merawat berkala sistem pendinginan. Permasalahan pada penelitian ini adalah : Apakah Pembelajaran Problem Based Learning Dikombinasikan Dengan metode Take And Give dapat meningkatkan hasil belajar materi Merawat Berkala Sistem Pendinginan pada siswa kelas XI TKR 1 SMK Muhammadiyah Bulakamba Kabupaten Brebes?, Bagaimana guru menerapkan Pembelajaran Problem Based Learning Dikombinasikan Dengan metode Take And Give Untuk peningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Merawat Berkala Sistem Pendingin Kelas XI TKR 1 SMK Muhammadiyah Bulakamba Kabupaten Brebes?, Apakah model Pembelajaran Problem Based Learning Dikombinasikan Dengan metode Take And Give dapat meningkatkan keaktifan siswa pada materi Merawat Berkala Sistem Pendinginan pada siswa kelas XI TKR 1 SMK Muhammadiyah Bulakamba Kabupaten Brebes?. Model penelitian tindakan kelas pada penelitian ini adalah yang telah dirumuskan oleh Lewin yaitu meliputi Planning (Rencana), Action (Tindakan), Observation (Pengamatan), dan Reflection (Refleksi). Perangkat pembelajaran tindakan kelas adalah (1) silabus, (2) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), (3) kartu siswa. (4) jobsheet dan (5) worksheet. Subyek uji coba penelitian adalah siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Bulakamba. Kelas penelitian tindakan adalah kelas XI TKR 1. Data diperoleh dari pengamatan keaktifan siswa, lembar kinerja guru, angket respon siswa dan tes hasil belajar. Diperoleh hasil penelitian : (1) Pembelajaran Problem Based Learning Dikombinasikan Dengan metode Take And Give dapat meningkatkan hasil belajar kognitif pada siklus I rata-rata 68,59 menjadi 80,29 pada siklus II, meningkat 11,7 dengan persentase peningkatan sebesar 7,86% sedangkan hasil belajar keterampilan pada siklus I rata-rata 70,50 menjadi 80,09 pada siklus II, meningkat 9,59 dengan persentase peningkatan sebesar 6,37%. (2) Pembelajaran Problem Based Learning Dikombinasikan Dengan metode Take And Give dapat meningkatkan kinerja guru dengan rata-rata yang diperoleh 80,29 pada siklus II maka respon guru dalam Kriteria baik. (3) Pembelajaran Problem Based Learning Dikombinasikan Dengan metode Take And Give dapat meningkatkan keaktifan siswa pada siklus I dengan rata-rata 57,79 menjadi 66,44 pada siklus II. Kata kunci: Problem Based Learning, Model Take And Give, hasil belajar.
PENGARUH KELENGKAPAN ALAT DAN BAHAN PRAKTIK BENGKEL OTOMOTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TRANSMISI Rizqi Fatchur Prasetyo; Nuraedhi Apriyanto; Fahmy Fatra
Journal of Vocational Education and Automotive Technology Vol 2 No 2 (2020): Journal of Vocational Education and Automotive Technology
Publisher : Ivet University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rizqi Fatchur Prasetyo. Pengaruh Kelengkapan Alat dan Bahan Praktik Bengkel Otomotif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Transmisi Kelas XI TKR SMK N 01 Blado Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi Prodi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang. Hasil belajar adalah penilaian hasil kegiatan belajar siswa yang diberikan oleh guru berupa angka, simbol, dan kalimat yang didapatkan berdasarkan perubahan pada ranah kognitif, psikomotorik, afektif, dan konatif sebagai pengaruh pengalaman belajar yang dialami oleh siswa, baik itu berupa suatu unit, bagian, atau bab materi yang telah diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kelengkapan alat dan bahan praktik terhadap hasil belajar siswa. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR SMK N 01 Blado tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 70 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh variabel kelengkapan alat dan bahan praktik menggunakan angket, sedangkan variabel hasil belajar menggunakan dokumentasi nilai praktik siswa. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji F dan uji t. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa variabel hasil belajar berada pada kategori sangat baik, variabel kelengkapan alat praktik berada pada kategori baik, dan variabel kelengkapan bahan praktik berada pada kategori sangat baik. Hasil penelitian dengan uji F menunjukkan bahwa secara bersama-sama kelengkapan alat dan bahan praktik berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 16%. Hasil penelitian dengan uji t menunjukkan bahwa secara terpisah variabel kelengkapan alat dan bahan praktik berpengaruh terhadap hasil belajar. Besarnya pengaruh secara terpisah variabel kelengkapan alat praktik sebesar 8,6% sedangkan variabel kelengkapan bahan praktik sebesar 12,1%. Kata kunci : Kelengkapan Alat Praktik, Kelengkapan Bahan Praktik, Hasil Belajar
ANALISIS PENGARUH VARIASI PENYETELAN CELAH KATUP TERHADAP PERUBAHAN TEKANAN KOMPRESI DAN EMISI GAS BUANG MESIN ISUZU PANTHER TIPE HI-GRADE Ulil Absor; Toni Setiawan; Bayu Ariwibowo
Journal of Vocational Education and Automotive Technology Vol 3 No 1 (2021): Journal of Vocational Education and Automotive Technology
Publisher : Ivet University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ulil Absor. Analisis Pengaruh Variasi Penyetelan Celah Katup Terhadap Perubahan Tekanan Kompresi dan Emisi Gas Buang Mesin Isuzu Panther Tipe Hi-Grade. Skripsi, Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas IVET Semarang. Juli 2020. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh besar kecilnya tekanan kompresi terhadap penyetelan katup dan emisi gas buang pada Isuzu Panther Tipe Hi-Gade Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain faktorial 3x3. Pengujian ini dilakukan di bengkel kejuruan TBSM SMK Islam Alhikmah 2 Welahan dengan menggunakan mesin isuzu panther tipe Hi-Grade. Penyetelan pada celah katub in dan ex sebesar 0,20 mm; 0,30 mm; 0,40 mm; 0,50 mm; dan 0,60 mm. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh tekanan kompresi pada variasi penyetelan celah katup masuk. Penyetelan celah katup masuk yang semakin rapat pada setiap putaran mesin, tekanan kompresi yang dihasilkan cenderung meningkat begitu juga dengan opacyty atau emisi gas buangnyanya cenderung mengecil. Demikian juga halnya dengan putaran mesin yang semakin tinggi pada setiap celah katup masuk, tekanan kompresi yang dihasilkan juga cenderung meningkat. Kata Kunci : Katub, Penyetelan, Kompresi, Emisi Gas Buang
PEMELIHARAAN SISTEM BATERAI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA QUIZ I-SPRING Bagas Nurul Amin; Aunu Rofiq Djaelani; Toni Setiawan
Journal of Vocational Education and Automotive Technology Vol 1 No 1 (2019): Journal of Vocational Education and Automotive Technology
Publisher : Ivet University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kompetensi Sistem Baterai siswa kelas X TKR 1 SMK Negeri 2 Demak Tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media Quiz I-Spring, dilakukan dengan teman sejawat selama dua siklus penelitian yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) hasil observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 1 SMK Negeri 2 Demak sebanyak 36 siswa. Pengumpulan data menggunakan model tes, model pengamatan aktivitas siswa, dan model observasi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan non tes. Instrumen tes berupa tes pengetahuan dan ketrampilan ,sedangkan instrumen non tes berupa observasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data penelitian menunjukan tingkat ketuntasan terus meningkat pada penilaian pengetahuan dari kondisi awal (55,8%) siklus I (69,4%) dan siklus II (80,5%) dan pada penilaian keterampilan juga terus meningkat dari siklus I (72,2%) dan siklus II (77,8). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pembelajaran kompetensi Sistem Baterai dengan model Problem Based Learning menggunakan media Quiz I-Spring dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran, sebab dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan kompetensi siswa. Model Problem Based Learning serta media Quiz I-Spring dapat diterapkan dan diaplikasikan pada materi yang lain dengan tujuan peningkatan kompetensi siswa. Kata Kunci : Peningkatan Kompetensi Sistem Baterai, Model Problem Based Learning, Quiz I-Spring.
MENINGKATKAN KOMPETENSI KONVERSI ENERGI DENGAN PROBLEM BASED LEARNING DAN VIDEO Bayu Prio Laksono; Yohanes Sarsetyono; Nuraedhi Apriyanto
Journal of Vocational Education and Automotive Technology Vol 1 No 3 (2019): Journal of Vocational Education and Automotive Technology
Publisher : Ivet University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan Metode Problem Based Leaarning untuk Meningkatkan Kompetensi Mengidentifikasi Mesin Konversi Energi Dengan Media Video Pada Siswa Kelas X TKR SMK Negeri 1 Tonjong Kabupaten Brebes. Fakultas Saintek Universitas Ivet, Tahun 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi bersama guru Kejuruan. Objek penelitian siswa kelas X TKR 1 SMK Negeri 1 Tonjong kabupaten Brebes tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 36 siswa. Pengumpulan data diperoleh dari instrumen observasi dan dokumentasi dengan empat tahap yaitu (1) tahap perencanaan (2) tahap pelaksanaan (3) tahap pengamatan dan (4) tahap refleksi. Metode ini dinyatakan berhasil setelah dilakukan penelitian pada siklus II dengan hasil nilai ketuntasan klasikal sebesar 80% dengan perolehan sebanyak 29 siswa memperoleh nilai kompeten dan 7 siswa tidak kompeten ini menunjukan peningkatan yang signifikan. Metode Problem Based Learning dapat meningkatkan kinerja guru pada kualitas pembelajaran pada kompetensi mengidentifikasi mesin konversi energi pada siklus I presentase kinerja guru sebesar 78% yaitu masuk pada kategori baik dan pada siklus II kinerja guru mengalami kenaikan yaitu sebesar 88% dengan tingkat kategori baik sekali. Kata Kunci : Problem Based Learning, Media Video, Kompetensi
ANALISIS PENGGUNAAN BERBAGAI MACAM JENIS MERK PELUMAS TERHADAP PUTARAN DAN TEMPERATUR MESIN PADA HONDA BEAT FI Prabawati Budi Utami; Toni Setiawan; Bayu Ariwibowo
Journal of Vocational Education and Automotive Technology Vol 2 No 1 (2020): Journal of Vocational Education and Automotive Technology
Publisher : Ivet University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Prabawati Budi Utami. Analisis Penggunaan Berbagai Macam Jenis Merk Pelumas Terhadap Putaran dan Temperatur Mesin Pada Honda Beat FI. Skripsi, Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas IVET Semarang. Januari 2020. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan jenis pelumas Mesran SAE 20W-50, Advance AX5 15W-40 dan MPX 2 4AT JASO 10W-30 terhadap temperatur mesin dengan putaran mesin 1500 rpm, 2500 rpm dan 3500 rpm. Penelitian merupakan penelitian eksperimen dengan desain faktorial 3x3. Pengujian ini dilakukan di bengkel kejuruan TBSM SMK Negeri 1 Sumber dengan menggunakan sepeda motor Beat FI. Pelumas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Mesran SAE 20W-50, Advance AX5 15W-40 dan MPX 2 4AT JASO 10W-30 pada putaran putaran 1500, 2500 dan 3500 rpm selama 10 menit. Kesimpulan: (a) Pada putaran 1500 rpm temperatur mesin yang paling baik pendinginnya yaitu pelumas MPX 2 dengan suhu tertinggi 54oC. Pada putaran 2500 rpm temperatur mesin yang paling baik pendinginnya yaitu pelumas Mesran dengan suhu tertinggi 45oC. Pada putaran 3500 rpm temperatur mesin yang paling baik pendinginnya yaitu pelumas MPX2 dengan suhu tertinggi 59oC. (b) Pengaruh bahan dasar pelumas terhadap ketahanan viskositas pelumas pada putaran 1500 rpm temperatur pelumas yang paling baik yaitu pelumas Mesran dengan suhu 74 oC, pada putaran 2500 rpm temperatur pelumas yang paling baik yaitu pelumas mesran dengan suhu 86 oC, pada putaran 3500 rpm temperatur yang paling baik yaitu pelumas mesran dengan suhu 86 oC. Kata kunci: pelumas, putaran mesin, temperatur mesin
ANALISIS PENGARUH PEMBEBANAN DAN PUTARAN MESIN TERHADAP TORSI DAN DAYA YANG DIHASILKAN MESIN HONDA GX 200 Sigit Prakosa Adhi Nugraha; Toni Setiawan; Bayu Ariwibowo
Journal of Vocational Education and Automotive Technology Vol 2 No 2 (2020): Journal of Vocational Education and Automotive Technology
Publisher : Ivet University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) mengetahui pengaruh besarnya beban berlebih dan besarnya putaran mesin terhadap torsi dan daya yang dihasilkan. (2) mengetahui pengaruh pembebanan mesin terhadap torsi mesin. (3) mengetahui pengaruh putaran mesin terhadap daya yang dihasilkan. (4) mengetahui pengaruh daya yang meningkat dan torsi yang tinggi terhadap konsumsi bahanbakar. Penelitian merupakan penelitian eksperimen. Pengujian ini dilakukan di bengkel kejuruan TKRO SMK Negeri 1 Rembang dengan menggunakan Mesin Honda GX 200 untuk pengujian berbagai macam pembebanan dan putaran terhadap perubahan torsi dan daya yang dihasilkan. Putaran yang diatur 1200 Rpm, 1500 Rpm, 2000 Rpm, 2500 Rpm, 3000 Rpm. Beban yang diatur 5 kg, 10 kg, 15 kg, 20 kg, 25 kg. Pembebanan yang diberikan pada mesin berpengaruh pada putaran mesin yang dihasilkan. Semakin besar beban yang diberikan pada mesin maka torsi yang dihasilkan semakin besar. Daya efektif mesin dipengaruhi oleh putaran mesin yang diberikan, jika semakin besar putaran mesin yang diberikan maka akan semakin besar pula daya efektif yang diberikan. Semakin tinggi putaran mesin maka konsumsi bahan bakar yang digunakan semakin tinggi, semakin besar pula torsi dan daya yang dihasilkan maka semakin tinggi pula bahan bakar yang dibutuhkan. Kata kunci: beban mesin, putaran mesin, torsi mesin, daya mesin
PENGARUH PENGUASAAN ALAT PRAKTIK DAN KELENGKAPAN ALAT TERHADAP HASIL PRAKTIK SISTEM REM SISWA KELAS XI TKRO SMK TEUKU UMAR SEMARANG Bagas Bagas; Nuraedhi Apriyanto; Fahmy Fatra
Journal of Vocational Education and Automotive Technology Vol 3 No 1 (2021): Journal of Vocational Education and Automotive Technology
Publisher : Ivet University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Page 1 of 18 | Total Record : 171