Hipotenusa: Journal of Research Mathematics Education (HJRME)
Vol 3, No 1 (2020): Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME)

PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MASALAH (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK

Tri Agusti Eliati (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis masalah dan mengetahui validitas, keterbacaan dan ketertarikan peserta didik terhadap LKPD, dan efektivitasnya terhadap self-efficacy peserta didik. Tahapan pengembangan ini yaitu studi pendahuluan, penyusunan LKPD, validasi LKPD, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan skala self-efficacy berupa angket yang berisi 21 pernyataan dengan respon berdasarkan skala likert 0 sampai 10. Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa, LKPD berbasis masalah termasuk dalam kategori baik. Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa LKPD termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil analisis angket respon peserta didik menunjukkan bahwa LKPD dalam aspek tampilan berkategori sangat baik, aspek penyajian materi berkategori baik, dan dalam aspek manfaat berkategori baik. Hasil analisis data N-gain self-efficacy menunjukkan bahwa, peserta didik yang menggunakan LKPD berbasis masalah (PBL) dengan peserta didik yang tidak menggunakan LKPD berbasis masalah (PBL) tidak terdapat berbedaan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, LKPD tidak efektif dalam meningkatkan self-efficacy peserta didik.Kata kunci: Self-efficacy, LKPD dan Masalah 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

HT

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) is a peer-refereed open-access international journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal is founded under Department of Mathematics Education ...