Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa ketika mengikuti pembelajaran matematika berbasis ICT beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Pengambilan data dilakukan di Kelas VII MTs N 3 Kuningan dengan jumlah responden sebanyak 30 siswa Instrumen penelitian berupa angket sebanyak 20 item pernyataan berdasarkan 3 indikator, yaitu respon siswa terhadap media ICT yang diterapkan dalam pembelajaran, respon siswa saat mengikuti pembelajaran berbasis ICT, respon siswa setelah mengikuti pembelajaran berbasis ICT. Media yang digunakan adalah multimedia interaktif menggunakan Hipo Animator 5.. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan melihat presentasi respon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sikap siswa ketika mengikuti pembelajaran berbasis ICT. Hasil penelitian yang diperoleh yakni sebagain besar siswa dapat menggunakan media ICT sebanyak 72,5%, sebagian besar siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik sebanyak 80%, dan sebagain besar siswa termotivasi untuk mempelajari matematika setelah mengikuti pembelajaran berbasis ICT sebanyak 60%.
Copyrights © 2020