Jurnal Edueco
Vol. 3 No. 2 (2020): Desember

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING, AND ANSWERING (RQA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Al. Wathan Ambon)

Amjad Salong (relation)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Reading, Questioning, and Answering terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VII SMP Alwathan Ambon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-random sampling yaitu secara tidak acak, kelas VII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan kuesioner. Setalah data dikumpulkan pengolahannya dilakukan dengan analisis statistik, menggunakan uji-t SPSS v.16. Hasil analisis data menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas VII1 adalah 81, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelas VII3 adalah 71. Dengan nilai signifikan (Sig.2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai probabilitasnya lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Reading, Questioning, and Answering terhadap hasil belajar siswa di kelas VII SMP Al-Wathan Ambon.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Edueco

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Eueco menerbitkan artikel di bidang Pendidikan Ekonomi dan Ekonomi. Terbit 2 periode, yakni Juni dan Desember. ...