ABSTRAKPenelitian ini akan membahas mengenai pemeroleh bahasa anak pada usia 2,5 tahun. Peneliti bertujuan untuk mengetahui proses pemerolehan bahasa seorang anak. Anak yang diteliti dalam penelitian memiliki tingkat pemerolehan bahasa yang cukup baik, namun jika ditinjau dari aspek fonologis masih banyak kesalahan dalam pengucapan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, yang mana menjabarkan tentang pemerolehan bahasa anak yang ditinjau pada aspek fonologisnya. Teknik pengambilan datanya dengan metode rekam, simak, dan catat. Kefasihan anak dalam pengucapan ialah unsur vokal (a, i, u, e, dan o), sedangkan unsur konsonannya masih banyak ketidak tepatan dalam pengucapan.Kata kunci: Pemerolehan bahasa, fonologis, vokal, konsonanABSTRACTThis study will discuss about the acquisition of 2,5 years old children’s language. Researchers aim to determine the process of language acquisition of a child. The children who observe in the study had a fairly good level of language acquisition, but when viewed from the phonological aspect there were still many errors in pronounciation. The method used in this research is descriptive qualitative method, which describes the acquisition of children’s language in terms of phonological aspects. The technique of collecting data using the recording method, observe, and note. Children’s fluency in pronounciation is the vocal element (a, i, u, e, and o), while the consonant elements are still many inaccuracies in pronounciation.Keyword: Language acquisition, phonology, vocal, consonants
Copyrights © 2020