Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

POLA KOMUNIKASI PENJUAL TERHADAP PEMBELI PEMPEK DI KOTA PALEMBANG

Elsa Maria Simarmata (Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita)
Agustinus Rustanta (Sekolah Tinggi Tarakanita, Jakarta)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2020

Abstract

Pola Komunikasi sangat penting dalam mendukung kelancaran proses komunikasi sehari-hari. Pola Komunikasi terbentuk karena adanya kebiasaan berulang yang terjadi secara terus menerus di dalam situasi dan kondisi yang berbeda-beda di dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini fokus pada pola komunikasi yang terjadi antara penjual terhadap pembeli pempek yang terjadi di Restoran Pempek Beringin Gudang Makan-Kenten Street, Jalan MP. Mangkunegara, Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Teori yang digunakan adalah Teori Interaksi Simbolik. Data dikumpulkan dengan cara wawancara mendalam dengan 3 (tiga) orang, yaitu dua orang karyawan dan satu orang konsumen Pempek Beringin. Dari hasil wawancara mendalam dan observasi di lapangan, penulis menemukan bahwa pola komunikasi secara umum sudah dijalankan dengan cukup baik oleh penjual dan pembeli di Restoran Pempek Beringin.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIK

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis adalah jurnal ilmiah bidang ilmu komunikasi serta ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan bidang komunikasi yang diterbitkan oleh STIKS TARAKANITA, Program Studi S1 Komunikasi di Jakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi menyampaikan sumbangan pemikiran di bidang komunikasi ...