Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan membaca pemahaman (fahmul qira’ah) bahasa Arab peserta didik di MDT Shibyanul Muslimin Jakarta Utara. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan treatment by level 2x2. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk kemampuan berpikir kritis dan tes kemampuan membaca pemahaman (fahmul qira’ah). Hasil penenlitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman (fahmul qira’ah) bahasa Arab pada peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran koperatif tipe NHT (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan kemampuan berpikir kritis, (3) kemampuan membaca pemahaman (fahmul qira’ah) bahasa Arab peserta didik yang mengikuti model pembelajaran koopratif tipe STAD dengan kemampuan berpikir kritis tinggi lebih tinggi dari peserta didik yang mengikuti model pembelajaran koperatif tipe NHT dengan kemampuan berpikir kritis tinggi, (4) kemampuan membaca pemahaman (fahmul qira’ah) bahasa Arab peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan kemampuan berpikir kreatif rendah hasilnya lebih rendah dari peserta didik yang mengikuti model pembelajaran koperatif tipe NHT dengan kemampuan berpikir kreatif rendah.Kata Kunci: kemampuan membaca pemahaman (fahmul qira’ah), model pembelajaran, berpikir kritis
Copyrights © 2020