ABSTRAK Pengawasan sebagai salah satu fungsi manajemen menempati posisi yang sangat penting. Karena dengan pengawasan dapat diketahui ketercapaian tujuan dan juga merupakan kegiatan untuk mengoreksi dan memperbaiki bila ditemukan adanya penyimpangan. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan manajemen pengawasan program bahasa Arab di MtsN 2 Lima Puluh Kota berdasarkan perspektif George Robert Terry; (2) Mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung proses manajemen pengawasan pembelajaran bahasa Arab; dan 3) Mendeskripsikan formulasi manajemen pengawasan pembelajaran bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian lapangan dengan jenis data kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini dirujuk dari sumber data primer dan sumber data sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menvalidasi data yang sudah diperoleh, peneliti menggunakan teknik meningkatkan ketekunan, triangulasi data, dan diskusi teman sejawat dan ahli. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah mereduksi data, penyajian data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menyebutkan bahwa Manajemen Pengawasan Pembelajaran Bahasa Arab di MTsN 2 Lima Puluh Kota sudah sesuai dengan perspekif George Robert Terry, karena sudah memenuhi standars, measurements, comparison, dan action. Kata Kunci: George Robert Terry, Manajemen Pengawasan, Program, Bahasa Arab, MTsN 2 Lima Puluh Kota
Copyrights © 2020