Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab
No 6 (2020): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VI

PENILAIAN SIKAP TANGGUNG JAWAB PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DARING VIA WHATSAPP DI MADRASAH TSANAWIYAH

Robbiatul Wahidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2020

Abstract

Abstrak: Penilaian pada kurikulum 2013 menggunakan penilaian otentik, dimana penilaian dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan (input), proses dan keluaran(output) pembelajaran yang meliputi ranah sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan.  Akan tetapi, pembelajaran daring cenderung  menjadikan guru lebih menitikberatkan pada ketercapaian materi, sehingga penilaian yang dilakukan lebih dititikberatkan pada aspek kognitif dan psikomotorik dan cenderung mengabaikan penilaian aspek sikap. Diantara sikap yang penting untuk ditanamkan pada peserta didik adalah sikap tanggung jawab. Penilaian pembelajaran pada masa daring ini seharusnya juga mencakup penilaian pencapaian kompetensi sikap ini. WhatsApp sebagai salah satu media daring yang banyak digunakan dalam pembelajaran Bahasa Arab dapat menjadi media guru untuk menilai sikap tanggung jawab peserta didik. Artikel ini akan memaparkan upaya untuk merumuskan indikator pencapaian kompetensi sikap tanggung jawab peserta didik pada pembelajaran Bahasa Arab di madrasah tsanawiyah dan upaya pengembangan format penilaian sikap tanggung jawab yang dapat diterapkan guru dalam pembelajaran Bahasa Arab daring via whatsapp di madrasah tsanawiyah.Kata Kunci: Penilaian Sikap, tanggung jawab, daring, WhatsApp

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

konasbara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Konferensi Nasional Bahasa Arab tahunan JURUSAN SASTRA ARAB FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG Tema : Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia Sub Tema : Strategi Pembelajaran Bahasa Arab MetodePembelajaran Bahasa Arab Media Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum ...