Abstrak: Argumentasi tentang bahasa Arab sebagai mata kuliah yang tidak terlalu menjadi prioritas dibanding mata kuliah yang lain menjadi salah satu faktor menurunnya motivasi belajar bahasa Arab di prodi non-Arab. Kondisi ini mendorong dosen bahasa Arab untuk menyusun strategi pembelajarannya yang menarik dan mudah diingat. Salah satunya melalui strategi mind mapping yaitu strategi pembelajaran dengan memetakan pikiran untuk menemukan konsep permasalahan menuju pemahaman yang bisa dimengerti melalui animasi yang dikehendaki oleh pembuatnya. Hal inilah yang melatar belakangi penulis untuk mendeskripsikan penggunaan strategi mindmapping untuk meningkatkan penguasaan mufrodat dan pemahaman tentang materi perpustakaan. Adapun metode yang digunakan dalam memperoleh data adalah metode kualitatif deskriptif. Dengan strategi ini mahasiswa prodi Ilmu perpustakaan mampu memahami dan menguasai mufrodat- mufrodat baru di bidang perpustakaan melalui konsep-konsep yang dituangkan dalam bentuk animasi terkait teks- teks tentang perpustakaanKata Kunci: strategi mindmapping, penguasaan mufrodat.
Copyrights © 2020