Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab
No 6 (2020): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VI

STRATEGI MINDMAPPING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT BAGI MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI ISLAM IAIN TULUNGAGUNG

Darisy Syafaah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2020

Abstract

Abstrak: Argumentasi tentang bahasa Arab sebagai mata kuliah yang tidak terlalu menjadi prioritas dibanding mata kuliah yang lain menjadi salah satu faktor menurunnya motivasi belajar bahasa Arab di prodi non-Arab. Kondisi ini mendorong dosen bahasa Arab untuk menyusun strategi pembelajarannya yang menarik dan mudah diingat. Salah satunya melalui strategi mind mapping yaitu strategi pembelajaran dengan memetakan pikiran untuk menemukan konsep permasalahan menuju pemahaman yang bisa dimengerti melalui animasi yang dikehendaki oleh pembuatnya. Hal inilah yang melatar belakangi penulis untuk mendeskripsikan penggunaan strategi mindmapping untuk meningkatkan penguasaan mufrodat dan pemahaman tentang materi perpustakaan. Adapun metode yang digunakan dalam memperoleh data  adalah metode kualitatif deskriptif. Dengan strategi ini mahasiswa prodi Ilmu perpustakaan mampu memahami dan menguasai mufrodat- mufrodat baru di bidang perpustakaan melalui konsep-konsep yang dituangkan dalam bentuk animasi terkait teks- teks tentang perpustakaanKata Kunci: strategi mindmapping, penguasaan mufrodat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

konasbara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Konferensi Nasional Bahasa Arab tahunan JURUSAN SASTRA ARAB FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG Tema : Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia Sub Tema : Strategi Pembelajaran Bahasa Arab MetodePembelajaran Bahasa Arab Media Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum ...