PRISMATIKA: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika
Vol 3 No 2 (2021): Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika

PROFIL PEMECAHAN MASALAH ETNOMATEMATIKA PADA MATERI GEOMETRI BAGI SISWA BERKEMAMPUAN MATEMATIKA TINGGI

Mini Tika Selviani (Universitas PGRI Semarang)
Rasiman Rasiman (Unknown)
Agnita Siska Pramasdyahsari (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pemecahan masalah etnomatematika pada materi geometri ditinjau dari kemampuan matematika siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang di ambil adalah 3 siswa kelas VIII di SMP Purnama 3 Semarang semester genap tahun ajaran 2020/2021 yang masing – masing mempunyai kemampuan matematika tingi, kemampuan matematika sedang, dan kemampuan matematika rendah. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan tes kemampuan matematika, tes pemecahan masalah etnomatematia, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode yaitu membandingkan hasil tes pemecahan masalah etnomatematika dengan hasil wawancara. Analisis dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah dengan memperhatikan kemampuan matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis, etnomatematika dapat meningkatkan kemampuan matematika yang berdampak pada meningkatnya kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki siswa. Hal ini dibuktikan bahwa subjek dengan kemampuan matematika tinggi juga memiliki kemampuan pemecahan masalah etnomatematika tinggi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

prismatika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

PRISMATIKA merupakan jurnal di bawah naungan program studi Pendidikan Matematika IKIP Budi Utomo Malang. Jurnal ini ditujukan bagi dosen, guru, praktisi pendidikan maupun mahasiswa yang hendak mempublikasikan artikel ilmiah terkait matematika murni dan pendidikan matematika. ...