MIX : Jurnal Ilmiah Manajemen
Vol 10, No 3 (2020): MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen

PENGARUH PERSEPSI BAURAN PEMASARAN, PENJUALAN KENDARAAN, DAN PROGRAM LOYALITAS TERHADAP PEMBELIAN BAN DI PASAR REPLACEMENT

Panji Septiaji (Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor)
Megawati Simanjuntak (Unknown)
Imam Teguh Saptono (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2020

Abstract

Pasar untuk ban mobil terus tumbuh dan berkembang, karena hingga saat ini belum ada kendaraan massal yang bisa berjalan tanpa menggunakan ban, sehingga ban merupakan komponen utama dalam mobilisasi kendaraan. Semakin banyak jumlah mobil yang beredar, maka semakin banyak juga penjualan ban di pasar. Pemilihan strategi pemasaran pada industri ban harus memberikan efek yang cukup signifikan terhadap penjualan karena terkait dengan biaya yang dikeluarkan. Pada suatu kondisi tertentu jumlah biaya yang dikeluarkan untuk mengadakan aktifitas promosi maupun program loyalitas besarnya bisa mencapai 50 persen jika dibandingkan dengan net profit yang didapatkan. Berdasarkan penelitian terdapat perbedaan persepsi bauran pemasaran, penjualan kendaraan, dan program loyalitas yang dilakukan oleh merek ban ABC, XYZ, dan BCD. Pada merek ABC, persepsi produk merupakan variabel yang berpengaruh signifikan terhadap sikap sedangkan untuk merek XYZ dan BCD persepsi produk, harga, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap sikap. Hal tersebut sama dengan hasil perhitungan SEM dengan menggabungkan tiga merek tersebut dengan hasil persepsi produk, harga, dan promosi berpengaruh signifikan hanya terhadap sikap. Hasil penelitian juga menunjukkan tidak terdapat pengaruh signifikan antara sikap terhadap pembelian.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Mix

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen is a journal that publishes the results of empirical research that has strong novelty with reference to the latest journals and contributes greatly to scientific development in the fields of Management: Finance, Marketing, Human Resources, and ...