Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Vol 4 No 2 (2020): TRANSFORMASI : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK

jayantika, I Gusti Agung Ngurah Trisna (Unknown)
Yuliawati, Ni Putu Eva (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain Non Equivalent Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Utara tahun pelajaran 2019/2020. Sampel diambil secara acak dengan teknik random sampling. Data aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis dikumpulkan dengan metode angket dan tes, yang selanjutnya dianalisis dengan analisis uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan aktivitas belajar peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Quantum Teaching dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (2) Terdapat peerbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Quantum Teaching dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (3) Terdapat perbedaan secara simultan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Quantum Teaching dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada peserta didik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

transformasi

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Focus and Scope Jurnal Transformasi adalah Pendidikan Matematika meliputi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan Penelitian Pengembangan (R&D). Disamping itu untuk Matematika Murni/Terapan meliputi Pemodelan Matematika, Statistika, dan Geometri. ...