JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah)
Vol 2 No 1 (2020): January Edition

Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kolaborasi Talking Stick Dan Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Belitang Mulya

SRI ENGGAR KENCANA DEWI (STKIP NRUL HUDA)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2020

Abstract

Berdasarkan observasi penelitian awal, proses pembelajaran seperti ini juga terjadi pada mata pelajaran IPA di Madarasah Ibtidaiyah Belitang Mulya. Siswa tidak begitu antusias mengikuti pembelajaran disebabkan guru tidak menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Tujuan penelitian ini mengetahui efektiftas penerapan model kolaborasi talking stick dan tebak kata terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah. penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen jenis pre-eksperimental design yang dilakukan hanya pada satu kelas saja tanpa adanya kelas pembanding atau disebut dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian data pretest hasil belajar siswa kelas V diperoleh rata-rata 41,5, dan hasil Posttest sesudah menerapkan model pembelajaran kolaboratif Talking Stick dan Tebak kata mempunyai nilai tertinggi adalah 90 dan nilai terendah yaitu 50, serta rata-ratanya adalah 70,4. penerapan model pembelajaran kolaboratif talking stick dan tebak kata, dan sesudah penerapan model pembelajaran kolaboratif talking stick dan tebak kata terlihat ada perubahan yang lebih baik dan efektif utuk digunakan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jemari

Publisher

Subject

Education

Description

JEMARI : (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) is Journal of language education and literature is a peer-reviewed journal. It is published by Elementary Teachers’ Education of STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur in both print and online version. It aims at reporting high-quality empirical and ...