AbstrakIndikator kompetensi pedagogik guru PAUD yang dikembangakan oleh Kemendiknas meliputi: pertama, menguasi karaktristik peserta didik, Kedua, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, Ketiga, pengembangan kurikulum, Keempat, kegiatan pembelajaran yang mendidik, Kelima, pengembangan potensi peserta didik, Keenam, komunikasi dengan peserta didik, Ketujuh, Penilaian dan evaluasi. Maka dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru PAUD Harapan Bunda Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian field research (lapangan), dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru PAUD bidang penguasaan karaktristik peserta didik yaitu sebagai berikut: 0% tidak baik, 10% kurang baik, 48% baik, dan 42% sangat baik. Ternyata guru yang menguasi teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik yaitu sebagai berikut: 0% tidak baik, 5% kurang baik, 46,7% baik, dan 48,3% sangat baik. maka kompetensi guru PAUD pada pengembangan kurikulum dengan nilai rata-rata sebagai berikut: 0% tidak baik, 5% kurang baik, 40% baik, dan 55% sangat baik. Rata-rata kompetensi pedagogik guru dalam kegiatan pembelajaran yang mendidik yaitu sebagai berikut : 0% tidak baik, 6% kurang baik, 43% baik, dan 51% sangat baik. Rata-rata kompetensi pedagogik guru bidang pengembangan potensi peserta didik yaitu: : 0% tidak baik, 5% kurang baik, 50% baik, dan 45% sangat baik. bidang komunikasi dengan peserta didik dengan rata-rata nilai dan kategori sebagai berikut : 0% tidak baik; 2% kurang baik; 45% baik; dan 53% sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa guru PAUD sudah melakukan komunikasi dengan peserta didik secara baik. nilai rata-rata bagian penilaian dan evaluasi menunjukkan sebagai berikut: 0% tidak baik, 8% kurang baik, 43% baik, dan 49% sangat baik. Kata Kunci: Kompetensi, Pedagogik, Guru PAUD
Copyrights © 2020