Jurnal Ekonomi Manajemen
Vol 6, No 2 (2020): November 2020

PENGARUH MOTIVASI HEDONIS DAN KETERLIBATAN FASHION TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF SECARA ONLINE DI INSTAGRAM

Nuryani, Nuryani (Unknown)
Martini, Nelly (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

ABSTRACTNuryani, 2020. This study aims to determine explain and anlyze the effect of hedonic motivation and fashion involvement to impulsive buying by online on instagram of the Singaperbangsa University Karawang Management Department batch year 2016- 2018. This research was conducted using descriptive and verificatife methods. The research population included 1,029 students of the Singaperbangsa University Karawang management department batch year 2016-2018 and the sampling technique used the Stratified Random Sampling method and a research sample of 280 respondents was obtained. The variables of this study use two variables, namely the dependent and independent variables. For the dependent variable (Y) in this study is Impulsive Buying. For the independent variable (X), namely Hedonic Motivation (X1) and Fashion Invlovement (X2). for the data analysis method, namely by using multiple linear regression. The results showed that Heonic Motivation and Fashion Invlovement had a influence simultaneosly and partially to impulsive buying by online on instagram of the Singaperbangsa University Karawang Management Department batch year 2016-2018.Keywords: hedonic motivation; fashion invlovement; impulsive buying.ABSTRAKNuryani, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menjelaskan dan menganalisis pengaruh dari motivasi hedonis dan keterlibatan fashion terhadap pembelian impulsif secara online di instagram pada mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang Program Studi Manajemen angkatan 2016-2018. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Populasi penelitian meliputi mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang program studi manajemen angkatan 2016-2018 yang berjumlah 1.029 dan teknik pengambilan sampel menggunakan metode Stratified Random Sampling dan diperoleh sampel penelitian 280 responden. Variabel penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel dependen dan independen. Untuk variabel dependen (Y) dalam penelitian ini adalah Pembelian Impulsif. Untuk variabel independent (X) yaitu Motivasi Hedonis (X1) dan Keterlibatan Fashion (X2). untuk metode analisis data yaitu dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi Hedonis dan Keterlibatan Fashion Memiliki pengaruh secara simultan dan parsial terhadap pembelian impulsif secara online di instagram pada mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang Program Studi Manajemen angkatan 2016-2018.Kata Kunci: motivasi hedonis; keterlibatan fashion; pembelian impulsif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jem

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi Manajemen (P-ISSN: 2477-2275, E-ISSN: 2685-7057) merupakan peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dalam bidang ilmu-ilmu ekonomi manajemen dan bisnis yang meliputi bidang manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen ...