Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 4, No 2 (2021): Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

PENGGUNAAN APLIKASI PEMBUKUAN MELALUI DIGITAL MARKETING DAN MEDIA SOSIAL PADA UMKM BANGUNJIWO BANTUL

Firman Mansir (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Siti Fatimah (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2021

Abstract

Perkembangan teknologi sudah jauh berkembang pesat sehingga perlu direspon dengan cepat agar tidak tertinggal jauh. Kegiatan pengabdian ini bertujuan memberikan sosialisasi kepada UMKM tentang pentingnya penggunaan teknologi digital elektronik di zaman ini, hal itu mendominasi untuk membantu hampir semua kegiatan masyarakat sehari-hari, begitu pula untuk para pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dapat meningkatkan usahanya dengan memanfaatkan penggunaan teknologi melalui platform yang disebut sebagai media sosial. Adapun metode yang digunakan yaitu observasi dan wawancara, ceramah dan diskusi, serta demonstrasi dan praktek. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa di era pandemi yang membatasi interaksi dan ruang gerak manusia, digital marketing dan media sosial dapat dimanfaatkan para pemilik usaha untuk memasarkan dan mengiklankan produk, mendapatkan informasi, juga berinteraksi dan berkomunikasi dengan pelanggan tanpa harus bertemu langsung. Implikasinya adalah kemajuan teknologi juga menjadi faktor utama kehadiran aplikasi-aplikasi yang sangat membantu untuk digunakan sehari-hari termasuk aplikasi pembukuan atau pencatatan keuangan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kumawula

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, dengan nomor terdaftar ISSN 2620-844X (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Studi Desentralisasi dan Pembangunan Partisipatif Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran. Jurnal ini meliputi berbagai ...