Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Vol 5 No 2 (2020)

PERAN GENERASI MILENIAL DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Rosvita Flaviana Osin (Akademi Komunitas Manajemen Perhotelan Indonesia)
Ni Komang Purwaningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2021

Abstract

Peran Generasi Milenial dalam Pengembangan Desa Wisata Berbasis Kearifan Lokal. Generasi milenial dan eksistensinya di media sosial mampu memberi energi yang besar dalam pengembangan desa wisata.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran generasi milenial dalam pengembangan Desa wisata Nyambu dan Desa Baru Marga di Kabupaten Tabanan serta implikasinya terhadap kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif melalui wawancara dengan informan, observasi, dan dokumentasi. Informan yang dipilih dalam penelitian ini adalah tokoh masyarakat, pengelola desa wisata dan organisasi pemuda yang tergabung dalam Sekaa Teruna Teruni. Tahapan analisis data kualitatif yaitu, menandai kata-kata kunci dan gagasan yang ada di dalam data dan berupaya menemukan tema yang berasal dari data, menuliskan model yang ditemukan dan koding yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan peran generasi milenial dalam pengembangan Desa wisata Nyambu dan Desa Baru Marga melalui tiga tahapan meliputi tahap produser, tahap proses dan tahap produk. Bentuk inovasi generasi milenial terkait upaya pengembangan Desa wisata dilakukan dengan penguatan SDA dan implikasinya adalah generasi milenial dapat berkomitmen menjaga tradisi sosial budaya sehingga identitas diri dapat dipertahankan dan kelestarian alam dapat terjaga. Kata kunci: Peran milenial, Desa Wisata, Kearifan Lokal

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini diterbitkan dengan maksud utama mendiseminasi artikel ilmiah baik berupa hasil penelitian maupun telaah literatur (setara dengan hasil penelitian) dibidang manajemen, bisnis, pemasaran dan ilmu ekonomi. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis menerima artikel (yang tidak dipublikasikan dalam ...