Pariwisata merupakan sektor yang sangat terdampak karena pandemi Covid-19. Berbagai upaya pemulihan pariwsiata telah dilakukan, salah satunya melalui promosi pariwisata. Salah satu strategi promosi yang dilakukan adalah promosi pariwisata luar negeri Kota Jakarta. Kajian ini membahas tentang promosi pariwisata Jakarta sebelum dan saat pandemi Covid-19 khususnya bagi wisatawan mancanegara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi kasus Bidang Promosi dan Atraksi dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa Bidang Promosi dan Atraksi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta pada tahun 2020-2021 telah melakukan berbagai strategi promosi pariwisata seperti melalui kegiatan promosi yang melibatkan media massa, baik itu media cetak, elektronik dan media sosial, membuat booklet, leafet dan brosur serta mengadakan dan mengikuti berbagai Event, konferensi pariwisata internasional, mengadakan familiarization trip dan berbagai bentuk promosi lainnya. Namun semuanya berlangsung secara terbatas saat pandemi Covid-19 melanda dunia. Pandemi ini berdampak pada strategi promosi dan menghadirkan berbagai kendala dalam implementasi program promosi. Salah satu saran yang penting dilakukan adalah melakukan inovasi-inovasi baru yang kreatif dalam mempromosikan pariwisata Jakarta melalui berbagai media dan sarana agar dapat menarik minat dari wisatawan mancanegara untuk datang berkunjung. Kata Kunci : Strategi Promosi, Wisatawan Luar Negeri, Covid-19
Copyrights © 2021