Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 3, No 1 (2021): JANUARI

Tindak Tutur Interogatif Guru dan Siswa PAUD Bougenville dalam Interaksi di Lingkungan Sekolah

Atie Fur Selly (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Aktivitas berbahasa khususnya keterampilan berbicara dalam proses pembelajaran sangat tepat dikaji dengan teori tindak tutur karena aktivitas berbicara atau bertutur tersebut terjadi dalam konteks pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur interogatif dalam Interaksi guru dengan siswa PAUD Bougenville di lingkungan sekolah. Penelitian ini  menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teori tindak tutur menurut George Yule dengan teknik simak dan libat cakap dalam pengumpulan data. Objek penelitian ini berupa tuturan guru dan siswa PAUD Bougenville. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswa menggunakan kalimat interogatif tidak langsung. Tuturan kalimat interogatif  tidak langsung diuraikan sebagai berikut 1) tuturan kalimat interogatif tidak langsung guru sebanyak 20 tuturan dan tuturan dari murid sebanyak 20.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

disastra

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian tentang sastra Indonesia, linguistik, pengajaran dan pembelajaran dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, literasi, serta pengajaran BIPA. ...