Instructional Development Journal
Vol 4, No 1 (2021): IDJ

PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PELAKSANAAN TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE KECAMATAN BATANG GANSAL INDRAGIRI HULU

Masfufatul Hikmah (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Kadar Kadar (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Risnawati Risnawati (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

penerapan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama se Kecamatan Batang Gansal Indragiri Hulu. Tujuan yang 1. Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap kedisiplinan belajar siswa. 2. Untuk mengetahui pengaruh penerapan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa. 3. Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan penerapan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif analitik penelitian ini dilakukan di lapangan dengan jumlah populasi 1445 siswa. Sample penelitian sebanyak 313 siswa tekhnik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5%. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui hasil awal pada penelitian kemudian menggunakan uji prasyarat, untuk hasil akhir menggunakan uji Regresi linier berganda dengan menggunakan uji F. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh lingkungan keluarga dan penerapan tata tertib terhadap kedisiplinan belajar siswa sebesar 67.182 > 0,05 sedangkan nilai signifikan 000 < 0,05 yang artinya nilai pengaruh keluarga dan peneratapn tata tertib sekolah lebih besar dari 0,05 dan nilai signifikan lebih rendah dari 0,05 maka ditarik kesimpulan Ha di terima dan H0 ditolak. Untuk mengetahui persentase dari perolehan hasil penelitian penulis menggunakan uji regresi berganda dengan melihat R Square sebesar 0,302 yang artinya sama dengan 30% terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga dan penerapan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IDJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi ...