Instructional Development Journal
Vol 4, No 1 (2021): IDJ

PENGARUH MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DAN FASILITAS PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU DI LINGKUNGAN YAYASAN PENDIDIKAN CENDANA PEKANBARU

Ernawati Ernawati (Universitas Riau)
Zulfan Saam (Universitas Riau)
Zulkarnain Zulkarnain (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel bebas manajemen pembiayaan pendidikan (X1) dan fasilitas pembelajaran (X2) terhadap variabel terikat kinerja guru (Y), baik secara sendiri-sendiri (parsial), maupun bersama-sama (ganda). Pendekatan penelitian adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi. Responden penelitian adalah guru sekolah yang berada di lingkungan Yayasan Pendidikan Cendana Pekanbaru yang berjumlah 59 orang, seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel.Hasil penelitian adalah (1) Terdapat pengaruh manajemen pembiayaan pendidikan terhadap kinerja guru secara sangat signifikan dengan kekuatan pengaruh 25,90%. (2)  Terdapat pengaruh fasilitas pembelajaran terhadap kinerja guru secara sangat signifikan dengan kekuatan pengaruh 38,00%. Hal ini mengindikasikan bahwa sangat pentingnya pengelolaan fasilitas pembelajaran secara profesional dalam penyelenggaraan pendidikan, khsususnya dalam menunjang kualitas kinerja guru. (3) Terdapat pengaruh manajemen pembiayaan pendidikan dan fasilitas pembelajaran secara bersama-sama terhadap kinerja guru secara sangat signifikan dengan kekuatan pengaruh 49%. Hasil ini mengindikasikan pentingnya kedua faktor ini dalam menunjang kinerja guru.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IDJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi ...