Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Vol 8 No 1 (2021)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Lusia Meo (Universitas Flores)
Gregorius Weu (Universitas Flores)
Yohana Nono BS (Universitas Flores)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2021

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran IPA dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada SDI ONEKORE 5?. Bagaimanakah hasil belajar IPA pada siswa kelas III SDI ONEKORE 5 ? Adapun tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran IPA dalam meningkatakan hasil belajar pada siswa kelas III SDI ONEKORE 5. Untuk mengetahui hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa kelas III SDI ONEKORE 5. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Ende Kecamatan Ende Tengah Kabupaten Ende. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas III yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan, wawancara, observasi atau pengamatan, tes atau kuis, dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh data bahwa hasil belajar peserta didik dari Siklus I sampai dengan Siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Pada Siklus I, setelah diterapkan model pembelajaran Inkuiri dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Energi Dan Pengaruhnya Dalam Kehidupan Sehari-hari hasil belajar peserta didik Kelas III dari Siklus I 63, 71% meningkat menjadi 80, 57%.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Energi Dan Pengaruhnya Dalam Kehidupan Sehari-hari dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas III SDI Onekore 5.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jil

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ruang lingkup dan fokus publikasi pada bidang pendidikan, pembelajaran, media pembelajaran, TIK dalam pendidikan dan pembelajaran, manajemen pendidikan, pendidikan dasar, ...