Pelayanan administrasi kependudukan tidak terlepas dari patologi birokrasi dan buruknya stigma pelayanan tersebut berusaha dihilangkan oleh pemerintah. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan reformasi pelayanan berdasarkan praktek terbaik yang dilakukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan menggunakan indikator standar manajemen mutu layanan. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan data diperoleh dengan cara studi dokumentasi maupun wawancara mendalam dengan informan kunci yang merupakan pejabat OPD terkait, OPD mitra kolaborasi serta anggota masyarakat penerima layanan. Hasil penelitian menunjukkan reformasi pelayanan publik yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman telah menerapkan prinsip total quality manajement dan dynamic governance dalam kerangka reformasi pelayanan publik. Unsur yang paling menentukan keberhasilan reformasi pelayanan publik bidang administrasi kependudukan dan catatan sipil di Kabupaten Padang Pariaman adalah kepemimpinan birokrasi, inovasi dan kolaborasi. Penelitian ini merekomendasikan agar penerapan best practice ini dapat direplikasi oleh OPD pelayanan publik lainnya di Kabupaten Padang Pariaman dan daerah lainnya. Selain itu, masalah keamanan data dan mental masyarakat perlu disiapkan dalam rangka transformasi digitalisasi pelayanan publik.
Copyrights © 2021