Jurnal Saintika Unpam : Jurnal Sains dan Matematika Unpam
Vol 3, No 2 (2021)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII SMP

Sefrinal Sefrinal (STKIP Pesisir Selatan)
Melia Roza (STKIP AHLUSSUNNAH)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Proses pembelajaran matematika di siswa SMP Negeri 2 Sutera belum sepenuhnya terlibat secara aktif selama proses pembelajaran, sehingga pemahaman konsep matematis siswa kurang baik. Upaya yang dapat dilakukan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Penelitian bertujuan mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi perbandingan SMP Negeri 2 Sutera kelas VII. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 13 Januari 2020 sampai 14 Februari 2020 dengan menggunakan metode Kuantitatif,  pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes berupa soal essay yang menguji pemahaman konsep matematis siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih baik daripada model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jsmu

Publisher

Subject

Chemistry Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Mathematics Physics

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Jurnal Saintika Unpam: Jurnal Sains dan Matematika Unpam merupakan Jurnal Sains dan Matematika Unpam yang berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian, kajian, dan karya ilmiah serta pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Matematika Murni, Matematika Terapan, ...