Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 2 No 1 (2018): April

IDENTIFIKASI AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKDI KELAS VII C MTS NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Sari, Yolena (Unknown)
Muchlis, Effie Efrida (Unknown)
Maulidiya, Della (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aktivitas belajar siswa pada penerapan model pembelajaran pair check.Jenis penelitian yang dilaksanakan yakni penelitian deskriptif kualitatif, adapun aspek aktivitas belajar siswa yang diamati memiliki keterkaitan dengan model pembelajaran pair check. Subjek dalam penelitian ini yakni siswa kelas VII CMTs Negeri 2 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pair checkdapat meningkatkan aktivitas belajar. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata hasil observasi pengamat  setiap siklusnya. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan rata-rata skor pengamat aktivitas belajar siswa siklus I hingga siklus III yaitu : 10,875 ; 14,25; 1825 dengan dengan keterangan katagori penilaian  dari siklus I hingga siklus III yaitu : kurang aktif; cukup aktif; aktif. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...