Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 06 Kota Bengkulu Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019 berjumlah 19 orang. Aktivitas peserta didik ditingkatkan dengan cara membuat LKPD yang lebih menarik dan mengurangi materi dengan menyesuaikan waktu pembelajaran, mengarahkan peserta didik membaca dengan teliti langkah kegiatan pada LKPD, menunjuk secara acak kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kedepan kelas. Peningkatan aktivitas belajar matematika siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata observasi siswa siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu 20,75, 25,5, 28 dengan kriteria secara berturut-turut yaitu cukup aktif, aktif, aktif. Sementara hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan cara memotivasi peserta didik untuk menumbuhkan minat belajar, memberikan soal-soal latihan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siklus I, II , dan III secara berturut-turut 59,72, 74,72, 83,75 dengan ketuntasan belajar klasikal pada siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu 36,84%, 63,16%, 78,95%.Kata kunci: CTL, Aktivitas, Hasil Belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020