Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pebedaan proses belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih dari pembelajaran Ekspositori pada materi segiempat Kelas VII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Quasy experiment (Eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas VII.F sebagai kelas Eksperimen dan kelas VII.G sebagai kelas Kontrol. Proses pembelajaran menunjukkan kelas eksperimen dengan jumlah siswa 31 orang, memperoleh rata-rata proses pembelajaran selama enam pertemuan adalah 51,42. Sedangkan kelas kontrol dengan jumlah siswa 29 orang, memperoleh rata-rata proses pembelajaran selama enam pertemuan adalah 42,16. Diperoleh bahwa proses belajar matematika siswa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih dari pembelajaran Ekspositori. Kata Kunci : Proses belajar Matematika, Model Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), Pembelajaran Ekspositori.
Copyrights © 2020