Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 4 No 2 (2020): Agustus

Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan TGT Di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu

ezalian, rahmat putera (Unknown)
yensy, nurul astuty (Unknown)
rusdi, rusdi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan TGT di SMPN 14 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 14 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2018/2019. Sampel diambil menggunakan teknik probability sampling sehingga diperoleh kelas VII 5 sebagai kelas eksperimen 1 dengan siswa yang berjumlah 26 orang yang mendapat perlakuan model pembelajaran STAD dan kelas VII 6 sebagai kelas eksperimen 2 dengan siswa yang berjumlah 26 orang yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran TGT. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes hasil belajar (posttest) berupa soal uraian. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t dengan hasil thitung = 2,309> ttabel = 2,008559 diperkuat dengan nilai signifikan yang diperoleh dari perhitungan software SPSS yaitu sebesar 0,025 < (? = 0,05) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih dari hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT di SMPN 14 Kota Bengkulu.Kata kunci     : Eksperimen, Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, STAD, TGT

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...