Dalam buku ajar juga dimuat soal yang digunakan mengukur kemampuan peserta didik. Masih banyak peserta didik yang bingung terhadap soal-soal yang ada pada buku teks peserta didik kelas VII edisi revisi 2017 pada materi bilangan. Bagaimana sebaran tingkat kognitif pada soal pada buku teks matematika siswa kelas VII edisi revisi 2017 pada materi bilangan berdasarkan Taksonomi Bloom ?. Berdasarkan pada Taksonomi Bloom ada 6 tingkat proses kognitif. Dalam tingkat kognitif mencangkup dari C1 “Mengingat”, C2 “Memahami”, C3 “Mengaplikasikan”, C4 “Menganalisis”, C5 “Mengevaluasi”, C6 “Mencipta”. Jenis penilitian ini Deskriptif Kualitatif. Data pada penelitian ini dengan jumlah soal pada materi Bilangan pada buku teks matematika SMP kelas VII kurikulum 2013 revisi, terdapat 208 soal dengan pilihan ganda 55 soal dan essay 153 soal. Pada soal pilihan ganda hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kategori Level kognitif C2 “Memahami” sebanyak 18,2% (10 soal), C3 “Mengaplikasikan” sebanyak 80% (44 soal), C4 “Menganalisis” sebanyak 1,8% (1 soal) dan pada level C1 “Mengingat”, C5 “Mengevaluasi” dan C6 “Mencipta” tidak ada sama sekali. Sedangkan pada soal essay hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kategori Level kognitif C2 “Memahami” sebanyak 5,9% (9 soal), C3 “Mengaplikasikan” sebanyak 83,6% (128 soal), C4 “Menganalisis” sebanyak 9,8% (15 soal) C6 “Mencipta” sebanyak 0,7% (1 soal) dan pada level C1 “Mengingat” dan C5 “Mengevaluasi” tidak ada sama sekali.Kata Kunci : Buku Teks Matematika, Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif
Copyrights © 2020