Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi
Vol. 2 No. 4 (2021): Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi (Maret 2021)

PENGARUH DAYA TARIK IKLAN TELEVISI, LITERASI EKONOMI, DAN KONTROL DIRI TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (STUDI KASUS GURU SMA NEGERI KABUPATEN MUSI BANYUASIN)

Suratno Suratno (Universitas Jambi, Indonesia)
Denny Denmar (Universitas Jambi, Indonesia)
Hepy Hepy (Universitas Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2021

Abstract

Penjualan ritel yang menurun pada tahun 2017 di Indonesia membuat beberapa ritel ternama seperti 7-Eleven, Clarks Indonesia, Banana Republic, GAP, Dorothy Perkins, dan New Look menutup gerai toko mereka di Indonesia. Selain penjualan ritel yang menurun, pertumbuhan toko ritel modern di Indonesia juga mengalami penurunan dari tahun 2016 yakni dari yang awalnya di angka 9% menjadi 7,5% pada tahun 2017. Faktor yang membuat beberapa toko ritel menutup gerai mereka adalah karena adanya e-commerce yang menjadi pesaing kuat dari ritel konvensional pada saat sekarang ini. Daya beli masyarakat yang masih rendah juga menjadi faktor lainnya yang membuat penjualan ritel di tahun 2017 menurun. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara daya tarik iklan televisi terhadap pembelian impulsif dengan arah pengaruh positif. Ini mengandung arti bahwa daya tarik iklan televisi yang semakin baik akan meningkatkan pembelian impulsif guru. Sedangkan pada variabel literasi ekonomi erdapat pengaruh yang signifikan antara literasi ekonomi terhadap pembelian impulsif dengan arah pengaruh negatif. Ini mengandung arti bahwa rendahnya literasi ekonomi maka akan meningkatkan pembelian impulsif guru serta pada variabel kontrol diri terdapat pengaruh yang signifikan antara kontrol diri terhadap pembelian impulsif dengan arah pengaruh negatif. Ini mengandung arti bahwa rendahnya kontrol diri maka akan meningkatkan pembelian impulsif guru. Diharapkan pada pihak Produsen harus banyak memiliki inovasi-inovasi baru dan selalu peka mengikuti perkembangan trend yang muncul di mansyarakat khususnya guru untuk memancing impulsivitas konsumen terhadap produknya. Iklan-iklan dibuat semenarik mungkin dan bersifat sugestibel serta mudah dilihat sehingga lebih dapat menimbulkan ketertarikan yang mendorong guru melakukan impulsive buying pada produk tersebut. Untuk memasarkan produk juga bisa dilakukan melalui internet yaitu marketplace, online shop di sosial media seperti facebook, instagram dan masih banyak lagi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JEMSI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi (JEMSI), ISSN 2686-5238 (online) dan ISSN 2686-4916 (print), merupakan jurnal penelitian manajemen dan sistem informasi yang diterbitkan sejak tahun 2019 oleh Dinasti Publisher. Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian kepada para ...