Tujuan penelitian ini untuk mengamati seberapa besar minat guru, khususnya guru IlmuPengetahuan Alam (IPA) dalam menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Selain itu juga untukmengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi minat guru IPA dalam menulis PTK. Jenispenelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan instrumen angketyang sudah melalui uji validitas. Angket disebar kepada sampel yang telah diambil secararandom sampling dari populasi guru IPA tingkat SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwaindeks persentase minat guru IPA menulis PTK sangat rendah yaitu hanya sebesar 50,93%.Selanjutnya berdasarkan uji regresi berganda didapatkan didapatkan persamaan linier Y = -0,006 + 0,552 X1 + 0,200 X2 + 0,250 X3. Dengan nilai sig dalam uji F sebesar 0,000 (p < 0,05)artinya ketiga variabel yaitu faktor diri sendiri, sosial dan emosional berpengaruh signifikansecara bersama – sama terhadap minat guru menulis PTK. Dan berdasarkan Uji t didapatkanbahwa ketiga faktor berpengaruh positif terhadap minat guru IPA menulis PTK.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021