Cakrawala Indonesia
Vol 6 No 1 (2021): Mei-Oktober

PENGARUH PENGGUNAAN METODE REORGANISASI TAKSONOMI BARRETT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF SISWA

Hardianti Baharuddin (Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang)
Muhammad Hanafi (Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang)
Aswadi Aswadi (Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang)
Rosmini Kasman (Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode reorganisasi taksonomi Barrett terhadap kemampuan membaca intensif siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Panca Rijang tahun pelajaran 2020/2021. Data diperoleh dengan teknik tes. Hasil yang diperoleh dari teknik tersebut selanjutnya diolah melalui teknik statistik deskriptif dan teknik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (2,861 ≥ 2,026) maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode reorganisasi taksonomi Barrett berpengaruh terhadap kemampuan membaca intensif siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Panca Rijang tahun ajaran 2020/2021.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Linguistics; phonology, morphology, syntax, discourse analysis, psycholinguistics, sociolinguistics, and critical discourse analysis. Literature: local literature studies, Indonesian literature, foreign literature studies, children literature, literature studies for character education, and other ...