eCo-Buss
Vol. 3 No. 3 (2021): Worklife

Pengaruh Inovasi Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Penambahan Pendapatan Ekonomi Masyarakat di Kota Tangerang (Studi Kasus Peran UKM Pembuatan Makanan Ringan dan Snack)

Gregorius Widiyanto (Universitas Buddhi Dharma)
Heri Satrianto (Universitas Buddhi Dharma)
Fx. Pudjo Pudjo Wibowo (Universitas Buddhi Dharma)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Untuk mengetahui seberapa besar baik /sendiri-sendiri maupun bersama-sama antara variabel bebas (independent) (inovasi produk,harga dan promosi) berpengaruh terhadap variabel terikat (Penambahan Pendapatan Ekonomi Masyarakat di Kota Tangerang). Penelitian ini dilakukan pelaku UKM makanan ringan dan snack, di Kota Tangerang, dengan menyebar kuesioner pertanyaan sedangkan sampel penelitian digunakan dengan Random Simpel Sampling Pengumpulan data dengan studi lapangan (interview, observasi, kuesioner) ditunjukkan kepada pelaku usaha kecil UMKM di Kota Tangerang dengan jumlah 100 konsumen pelaku ukm makanan ringan dan snack. Analisis data stastitik menggunakan uji realibilitas, validitas, normalitas, autokorelasi, heterokesdatisitas multikolinearitas, determinasi koefisien, uji sendiri-sendiri (uji-t) dan uji bersama-sama (uji-f) , dengan alat stastitik SPSS 25. Uji t menunjukkan variabel bebas (independent) baik sendiri-sendiri mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat (dependent) Studi Kasus Peran UKM Pembuatan Makanan Ringan Dan Snack dengan hasil yang diperoleh (nilai t hitung inovasi produk 7.420. >ttabel 1,966 dan tingkat signifikan 0000 < 0.05, nilai t hitung harga 3.119. >ttabel 1,966 dan tingkat signifikan.0000 < 0.05 dan nilai t hitung promosi 3.778. >ttabel 1,966 dan .0000 < 0.05). Hasil F hitung sebesar 221.640 tingkat signifikansi 0,000 maka F hitung > F tabel (221.640 > 3.09 tingkat signifikasi 0,000 <0.05, variabel bebas (independent) secara simultan nenpunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat (dependent) variabel pada Studi Kasus Peran UKM Pembuatan Makanan Ringan dan Snack dan nilai koefisien determinasi berganda R2 adalah 80,7 % diterangkan faktor-faktor variabel bebas (independent) (inovasi produk, dan promosi) dan sisanya 100%-80.7% = 19,3% hasil yang diperoleh dari variabel lain tidak termasuk dari variabel bebas (independent).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

eb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Focus on the development of economic sciences especially ECommerce and Business, both scientific and practical review, so it is expected to become a scientific medium for the creation of integration between theoretical studies and practical studies for the development of economic science in various ...