Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor intern dan ekstern. selain itu, diyakini ada faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar yakni self-efficacy, yang keyakinan seseorang terhadap kemampuan yang dimilikinya. keyakinan tersebut mendorong seseorang untuk mencapai keberhasilan dan mampu menghadapi kesulitan untuk mengerjakan tugas. penting self-efficacy tidak dirasakan oleh siswa seperti halnya pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kendari. sebelum mereka mengerjakan tugas, beberapa diantaranya beranggapan bahwa siswa yang pandai akan selalu mendapatkan nilai bagus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Self-Efficacy Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kendari. Subjek penelitian ini berjumlah 53 orang dari kelas VIII. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala Self-Efficacy dan Nilai Rapor siswa. Metode analisis data mengunakan uji analisis regresi sederhana. Hasil analisis data didapatkan nilai signifikansi korelasi sebesar 0,015 dan R Squere sebesar 0,111. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peran self-efficacy yang signifikan terhadap prestasi belajar Matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kendari. Â
Copyrights © 2021