Sekolah merupakan tempat untuk menuntut ilmu. Dunia pendidikan khususnya di lingkungan sekolah tugas siswa sangat banyak, terutama tugas terkait mata pelajaran yang mereka pelajari. Tugas yang diberikan pendidik memiliki tujuan, yaitu menyadarkan siswa agar menggunakan waktu luang untuk aktif belajar, dan bertanggung jawab menyelesaikan tugas. Namun dalam pelaksanaannya banyak masalah terkait dengan tugas yang diberikan oleh guru, salah satu masalah yang dihadapi yaitu siswa melakukan penundaan tugas atau prokrastinasi akademik. Ada beberapa penyebab prokrastinasi akademik salah satunya ialah rendahnya efikasi diri yang dimiliki siswa. Oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMAN 1 Tongauna.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala efikasi diri dan skala prokrastinasi akademik. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Tongauna berjumlah 40 orang yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling dari 94 orang.Hasil analisis korelasi Pearson Product moment menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMAN 1 Tongauna (p=0,001<0,05) dan r = -0,519 yang artinya semakin rendah efikasi diri maka akan dibarengi semakin tinggi prokrastinasi akademik. Kata Kunci: Efikasi Diri, Prokrastinasi Akademik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020