Penelitian ini didorong oleh suatu fenomena bahwa ada beberapa kendalayang dihadapi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia, salah satunyaadalah kurangnya budaya bacaan pada siswa dalam proses belajar mengajar.Hal ini juga diperburuk oleh para guru yang masih menggunakan sumberbelajar konvensional saja, sehingga menyebabkan siswa terlihat kurangbersemangat dalam berpartisipasi dalam proses belajar mengajar, karenasiswa tidak berperan aktif dalam proses belajar mengajar.Penelitian inimenggunakan Class Action Research sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiridari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Target dari penelitian ini adalah siswa kelas empat materi pelajaran bahasaIndonesia dalam kalimat utama. Hasil penelitian menunjukkan peningkatankemampuan membaca siswa di kelas IV MI Darussalam Pikatan melaluipenggunaan sumber daya belajar Perpustakaan dalam masalah pokok bahasanIndonesia dari kalimat utama. Hal ini dapat dilihat dari pengukurankemampuan membaca efektif (KEM) yang dilakukan oleh para peneliti, daripra-tes yang hanya memperoleh rata 67 kata per menit meningkat dalam sikluspertama pasca tes dengan 73 kata per menit dan meningkat secara signifikandalam siklus kedua pasca tes dengan 106 kata per menit. Nilai rerata dari hasilbelajar siswa juga meningkat dari pre Test yang mencapai 49, meningkat padasiklus pertama tes pasca yang 63 dan siklus kedua tes pasca meningkat secarasignifikan yaitu rata-rata 81. Kemudian dapat disimpulkan bahwa penggunaansumber daya belajar Perpustakaan dapat meningkatkan kemampuan membacadi kelas IV MI Pikatan Blitar siswa.
Copyrights © 2020