Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya
Vol 6 No 4 (2020): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (November)

Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Tapa

Miranda Puspita (Universitas Negeri Gorontalo)
Ismail Raflin Hinelo (Universitas Negeri Gorontalo)
Agil Bahsoan (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Tapa melalui model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, tes aktivitas belajar, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus. Teknik analisis data digunakan kuantitatif deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Tapa dibuktikan dari meningkatnya jumlah siswa yang aktif pada observasi awal 8 siswa (25%) menjadi 23 siswa (72%) pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 28 siswa (88%) pada siklus II. Jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 pada observasi awal 9 siswa (28%) menjadi 24 siswa (75%) pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 28 siswa (88%) pada siklus II. Dengan demikian, hipotesis penelitian yang berbunyi “Jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray, maka aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 akan meningkat” dapat diterima karena terbukti kebenarannya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ideas

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ideas adalah sebuah jurnal online berbasis OJS yang memfasilitasi publikasi artikel ilmiah dari hasil penelitian. Hasil penelitian dapat berupa hasil penelitian mandiri atau kolaboratif. Peneliti dapat berasal dari berbagai kalangan seperti guru, dosen, mahasiswa, atau praktisi. Fokus ...