Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya
Vol 6 No 3 (2020): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Agustus)

Bentuk Lingual Metafora Bahasa Indonesia dalam Surat Kabar

Haris Danial (Universitas Negeri Gorontalo)
Mira Mirnawati (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2020

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengurai cara mengklasifikasi bentuk lingual metafora dalam wacana surat kabar Gorontalo Pos serta makna yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ditemukan bahwa dari segi bentuknya, metafora dalam wacana surat kabar memiliki bentuk yang khas yang ditunjukkan oleh kata dasar dan bentukan yang mendukung terbentuknya ungkapan metaforis. Hal ini dapat dikaitkan dengan konsep bahwa metafora merefleksikan apa yang dipersepsikan, dialami, dan dipikirkan orang tentang kenyataan dunia. Dari pernyataan ini dapat dikatakan bahwa metafora berkaitan dengan persepsi manusia terhadap apa yang dipikirkan dan dirasakannya. Abstract This study aims to parse how to classify the metaphorical lingual form in the discourse of the Gorontalo Pos newspaper and the meanings contained in it. This research uses descriptive qualitative research. The results showed that in terms of form, the metaphor in newspaper discourse has a distinctive form which is indicated by the basic words and forms that support the formation of metaphorical expressions. This can be related to the concept that metaphors reflect what people perceive, experience, and think about the reality of the world. From this statement it can be said that metaphors are related to human perception of what they think and feel.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ideas

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ideas adalah sebuah jurnal online berbasis OJS yang memfasilitasi publikasi artikel ilmiah dari hasil penelitian. Hasil penelitian dapat berupa hasil penelitian mandiri atau kolaboratif. Peneliti dapat berasal dari berbagai kalangan seperti guru, dosen, mahasiswa, atau praktisi. Fokus ...