Jurnal Manajemen dan Bisnis Baja (JUMANIS BAJA)
Vol 2 No 02 (2020): JUMANIS- BAJA Jurnal Manajemen dan Bisnis Banten Jaya Prodi Kewirausahaan Fakult

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELAKU USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM PEMBUATAN PERIZINAN USAHA DI BADAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU KABUPATEN PANDEGLANG

Derry Kurniawan (Universitas Banten Jaya)
Mirza Abdi Khairusy (Universitas Banten Jaya)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Dalam rangka menciptakan usaha yang kondusif untuk mendorong peningkatan investasi di Kabupaten Pandeglang, perlu didukung dengan penyelenggaraan pelayanan penerbitan perizinan usaha kepada para pelaku usaha baik skala kecil, menengah maupun besar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kualitas pelayanan penerbitan ijin usaha di BPPT Kabupaten Pandeglang, 2) mengetahui kepuasan pelaku UMKM selaku pemohon dalam membuat ijin usaha di BPPT Kabupaten Pandeglang, 3) mengetahui pengaruh kualitas pelayanan penerbitan ijin usaha terhadap kepuasan pelaku UMKM di BPPT Kabupaten Pandeglang. Sampel penelitian diambil sebanyak 100 pelaku UMKM Kabupaten Pandeglang dengan penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis data regresi linier sederhana. Hasil penelitian menyimpulkan 1) Kualitas pelayanan pembuatan surat ijin usaha di kantor BPPT Kabupaten Pandeglang berada pada kategori sedang dengan nilai indeks sebesar 62,7%, 2) Kepuasan pelaku UMKM atas pembuatan surat ijin usah di kantor BPPT Kabupaten Pandeglang ditunjukan nilai indeks sebesar 63,12%, 3) Terdapat pengaruh sebesar 58,7% dari kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelaku UMKM dalam melakukan permohnan penerbitan ijin usaha di kantor BPPT Kabupaten Pandeglang.

Copyrights © 2020