Era distrupsi ini membuat kita harus bisa membekali berbagai ilmu pengetahuan, kemampuan, daya inovasi, kreatif terhadap anak usia dini sebab ketika mereka dewasa kelak zaman sudah semakin maju dari hari ini. Jika anak tidak dibekali dengan kemampuan dan ilmu pengetahuan yang baik maka anak akan lemah untuk bersaing dalam memunculkan daya beda dengan temannya. Program market day merupakan sebuah program yang dirancang untuk menstimulus jiwa kewirausahaan anak. Dalam penerapannya penilaian anak usia dini dilihat dengan 6 aspek perkembangan yang meliputi seni, bahasa, nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, dan sosial-emosional. Dalam penelitian ini peneliti ingin membedah secara detail capaian indikator apa saja yang tercapai dalam program market day dan seberapa besar peran program market day untuk meningkatkan perkembangan sosia-emosional dan bahasa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif, pengambilan data dengan pengisian instrumen indikator ceklis, wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan di TK Khalifah Condongcatur Yogyakarta dengan sumber data kelas TK B. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menghitung persentase pada instrumen indikator ceklis kemudian mendeskripsikannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program market day berperan sebesar 83,78% untuk perkembangan sosial-emosional yang artinya masuk dalam kategori sangat baik dan 62,96% untuk perkembangan bahasa yang artinya masuk dalam kategori cukup.
Copyrights © 2020