Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam
Vol 6, No 3 (2020): JIEI : Vol.06, No. 03, 2020

Al-Ghazali dan Perilaku Pasar: Perpesktif Etika Bisnis dalam Kitab Ihya Ulum ad-Din

Sarini Syarifuddin (Universitas Islam negeri Sunan Kalijaga)
Muhammad Ikhwan Saputra (Universitas Islam Negeri Ar-raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2020

Abstract

Tokoh ekonom Muslim salah satunya yang bernama al-Ghazali sangat memperhatikan tentang permasalahan dalam kegiatan ekonomi yang terkait tentang perilaku pasar. Dalam ekonomi dapat ditemukan karyanya yang sangat fenomenal Ihya ulum al-Din, imam Al-Ghazali mengukapkan elemen-elemen pasar salah satunya tentang penimbunan uang, jual beli mata uang dan riba. Metode penelitian Ribrary Reaserch, data sekunder yang diperoleh dari buku-buku, artikel, surat kabar atau internet dan sumber yang berkaitan. Etika bisnis al-Ghazali dalam konteks kekinian terdapat banyak ketidak sesuaian satu dengan lainnya. penimbunan uang dalam masyarakat kini masih terjadi dengan istilah spekulasi praktik penimbun dolar untuk spekulasi, masyarakat terus menunggu kurs lebih tinggi dolar menjadi langka. penambahan dalam transasksi jual beli antara produsen maupun konsumen dalam perkonomian dikatakan dengan riba, jual beli mata uang masih terjadi istilah vala. Naik turun kurs mata uang dalam perkonomian negara, sehingga muncul persaingan yang tidak sehat timbulnya spekulasi yang mengakibatkan resiko tinggi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jei

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam diterbitkan 3 (tiga) kali setahun (Maret, Juli dan November) oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STIE AAS ...