Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 4 No. 2 (2020): Juli-Desember 2020

ANALISIS PELAKSANAAN TATA TERTIB SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR

Eva Anggraini (Unknown)
Moh. Ghofal (STKIP PGRI Sumenep)
Moh. Royhan Firdaus (STKIP PGRI Sumenep)
Putri Aningsih (STKIP PGRI Sumenep)
Raudhatul Jannah (STKIP PGRI Sumenep)
Sunfatun Qasidah (STKIP PGRI Sumenep)
Supriyadi Supriyadi (STKIP PGRI Sumenep)
Syafiatur Rofi'ah (STKIP PGRI Sumenep)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian pelaksanaan tata tertib di SD Negeri Pordapor 3 dan hukuman yang diberikan atau diterima oleh siswa yang telah melanggar tata tertib tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang dilaksanakan di SD Negeri Pordapor 3. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pelaksanaan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan dari beberapa tata tertib yang di terapkan di SD Negeri Pordapor 3, diantaranya: memakai seragam sekolah dan atribut sesuai aturan sekolah, membersihkan kelas sesuai jadwal (piket kelas), menghormati guru, saling menghargai antar siswa, datang tepat waktu ke sekolah, mengikuti upacara bendera setiap hari senin, menyelesaikan tugas sesuai waktunya, dan meminta izin ketika siswa hendak keluar ruangan saat jam pelajaran sedang berlangsung, persentase tingkat pencapaiannya rata-rata 83, 125%. Adapun jenis hukuman yang diberikan atau diterima oleh siswa yang melanggar tata tertib tersebut diantaranya: ditegur dan dinasehati, berdiri didepan kelas selama 1 jam pelajaran berlangsung, membersihkan kamar mandi, berdiri di lapangan selama satu jam pelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alpen

Publisher

Subject

Other

Description

Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Contains writings on conceptual ideas, studies equipped with research results or literature, and application of theories related to education, especially in the field of primary school education. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar is a journal that aims to be a forum of ...