Lampuhyang
Vol 12 No 2 (2021)

Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Insan Mandiri Karangasem

Wayan Yanik Yasmini (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual terhadap motivasi dan prestasi belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD Insan Mandiri Karangasem. Rancangan penelitian ini menggunakan pola dasar The Posttest Only Control Group dengan jenis eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 62 siswa. Data yang dikumpulkan adalah motivasi dan prestasi belajar IPS. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, motivasi siswa yang belajar dengan pendekatan kontekstual secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional (F= 6,804; p<0,05). Kedua, prestasi belajar IPS siswa yang belajar dengan pendekatan kontekstual secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional (F= 15,034; p<0,05). Ketiga, secara simultan motivasi dan prestasi belajar IPS antara siswa yang belajar dengan pendekatan kontekstual secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnallampuhyang

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal LAMPUHYANG Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penjamin Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura. Jurnal LAMPUHYANG terbit dua kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan ...