JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti)
Vol 4 No 1 (2020)

Pengaruh POE berbasis Blended Learning Terhadap High Order Thingking Skill (HOTS) Peserta Didik SMP

Waisah Waisah (Universitas Pancasakti Tegal)
Muriani Nur Hayati (Universitas Pancasakti Tegal)
M Aji Fatkhurrohman (Universitas Pancasakti Tegal)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini 1) mengetahui perbedaan High Order Thinking Skill (HOTS) peserta didik yang menggunakan model POE berbasis Blended dan model kooperarif tipe STAD pada peserta didik. 2) mengetahui pengaruh intensitas belajar peserta didik yang menggunakan model POE berbasis Blended terhadap HOTS. Jenis penelitian ini adalah Pre Experimental Design dengan desain kelompok Posttest-Only Control Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-Test dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan nilai posttest bertaraf HOTS diperoleh t hitung = 5,256, dengan t tabel = 1,673 (t hitung> t tabel) sehingga model pembelajaran POE berbasis Blended mempunyai perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan model kooperatif tipe STAD. Analisis dengan uji regresi linear sederhana diperoleh persamaan regresi,Y = 4,305 + 0,960 X yang menunjukkan bahwa aktivitas belajar yang menggunakan model POE berbasis Blended berpengaruh positif dalam meningkatkan HOTS peserta didik

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpmp

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti) aspire to become a journal which contributes to math and science teaching improvement by spreading knowledge that all stakeholder engaged in mathematics and science teaching can be able to benefit from. In addition to original articles, the journal features ...