JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti)
Vol 4 No 2 (2020)

Implementasi Model IDEA (Inquiry-Driven-Experiment-Argument) dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Diaz Yoga Pratami (Unknown)
M Aji Fatkhurrohman (Universitas Pancasakti Tegal)
Yuni Arfiani (Universitas Pancasakti Tegal)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah adanya penerapan model pembelajaran IDEA dan model kooperatif, untuk mengetahui tingkat keefektivan model pembelajaranIDEA dan model kooperatif , serta mengetahui respon peserta didik dalam penerapan model IDEA dan kooperatif. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Brebes tahun ajaran 2019/2020 sepuluh kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data diambil dengan menggunakan lembar tes dan lembar angket. Data dianalisis dengan menggunakan uji independent sample t-test dan uji n-gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penggunaan model pembelajaran IDEA tingkat kemampuan berpikir peserta didik meningkat dilihat dari nilai rata-rata pre-test sebesar 39,67 dan nilai rata-rata post-testsebesar 73,67 dan tingkatefektivitas model pembelajaranIDEA sebesar 56,96 % menunjukkankategoricukupefektif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpmp

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti) aspire to become a journal which contributes to math and science teaching improvement by spreading knowledge that all stakeholder engaged in mathematics and science teaching can be able to benefit from. In addition to original articles, the journal features ...