Integral : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol. 1 No. 1 (2018): November 2018

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

akbar, Romi (Unknown)
Isnani, isnani (Unknown)
Ponoharjo, Ponoharjo (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing telah mencapai nilai KKM, 2) Model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika peserta didik, 3) Model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar matematika peserta didik, 4) Adanya perbedaan setelah diajar dengan model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing dan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi dan minat belajar matematika peserta didik, 5) Model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi dan minat belajar matematika peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 01 Pagerbarang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 357 peserta didik. Dari populasi diambil sampel dengan menggunakan teknik purposive sample atau sampel bertujuan. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes, dan Angket. Instrumen telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikan 5%. Analisis data menggunakan uji Proporsi satu pihak kanan, uji t satu pihak kanan, MANOVA dan 2 – Hotelling. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) prestasi belajar matematika peserta didik dengan model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing melampaui KKM, 2) model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing lebih baik dari pada pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika, 3) model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing lebih baik dari pada pembelajaran konvensional terhadap minat belajar matematika, 4) ada perbedaan model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing dengan pembelajaran konvensional terhadap prestasi dan minat belajar matematika, 5) model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing lebih baik dari pada pembelajaran konvensional terhadap prestasi dan minat belajar matematika.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) is a periodical journal conducted by a team of mathematic education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal. Integral consisting of several writings about the results of research and book review. Integral ...